• Berita Seputar Indonesia

    Minggu, 15 Januari 2017

    60 tahun Indonesia-Jepang Bersahabat

    Berita Terkini - Tanggal 20 Januari mendatang Indonesia-Jepang akan menghadiri peringatan 60 tahun Indonesia-Jepang Bersahabat.

    60 tahun Indonesia-Jepang Bersahabat
    60 tahun Indonesia-Jepang Bersahabat
    Pada kerja sama Indonesia dengan Jepang khususnya dalam bidang pengembangan lingkungan hidup, sumber daya manusia (SDM) dan tingkat kunjungan wisatawan di kedua negara.

    Semua itu dinyatakan oleh Wakil Ketua Persada Perhimpunan Alumni Jepang Indonesia dan sekaligus Sekretaris Jenderal Perhimpunan Persahatan Indonesia Jepang Heru Santoso dalam pertemuan antara Persada dengan Shinzo Abe di Hotel Fairmont, Jakarta.

    ''Tahun ini tepatnya tanggal 20 Januari 2018 Hubungan antara Indonesia-Jepang sudah 60 tahun. Kami siap mendukung kegiatan tersebut sekaligus mendorong agar kerja sama yang sudah terjalin selama ini makin erat dan semakin lancar.'' Ujar Heru Santoso.

    ''Semua itu diantaranya adalah pekerjaan rumah, contohnya adalah kerja sama dalam hal pengembangan lingkungan hidup yang ramah lingkungan. Misalnya dalam teknik terknologi,ilmu pengetahuan dan energi.''

    Bagi Heru, masalah lingkungan sangatlah penting untuk dibahas sebab sudah sejak lama ada ada komitmen antara Indonesia-Jepang terkaitnya penciptaan segala hal yang ramah lingkungan dan perilaku hemat energi Listrik.

    Perilaku hemat ini selain menciptakan efisiensi juga mengurangi emisi dan penumpukkan energi yang dalam jangka waktu lama yang bisa merusak bumi.

    Selain itu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga dapat merealisasikan segala program kerja sama yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Seperti proyek MRT, rencana Pembangunan Pelabuhan Patimban, dan lainnya.

    Keuntungan kerja sama ini yaitu selalu terjadi transfer atau alih teknologi dari Jepang ke Indonesia. Misalnya dalam MRT, yang dari Jepang Hanya pentolan pentolannya saja, tetapi secara keseluruhan para pekerja dan teknisinya berasal dari Indonesia.

    ''Ini sudah jelas menguntungkan masyarakat Indonesia.'' Kata Heru Santoso.

    Perihal lain yang diharapkan dari kerja sama Indonesia-Jepang ini adalah meningkatnya jumlah wisatawan Jepang Ke Indonesia atau malah sebaliknya.

    Selain meningkatkan devisa bagi Indonesia, hal ini juga memberikan input positif bagi masyarakat Indonesia. Untuk mempertemukan pemerintah Indonesia terhadap pemerintah Jepang, Presiden Joko Widodo mengangkat Rachmat Gobel menjadi utusan khusus pemerintah Indonesia untuk pemerintah Jepang.

    Sekedar informasi pada pertemuan Persada dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Hotel Fairmont di Jakarta membahas pentingnya pembangunan sumber daya manusia di Indonesia melalui kerja sama antara pemerintahan Indonesia-Jepang.

    Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) melibatkan partisipasi alumni Jepang yang ada di Indonesia. Rachmat Gobel merupakana Ketua Umum BPP Persada.

    Menurut Rachmat bentuk partisipasi alumni Jepang yang berada di Indonesia terlihat dari banyaknya Alumni Jepang yang sudah berhasil di Indonesia.

    ''Pertemuan ini merupakan suatu berita dengan Pemerintah Jepang melalui Perdana Menterinya, mengenai pentingnya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDA) yang berwawasan tentang lingkungan di Indonesia, yang sudah ada sekarang hingga sampai kedepannya.'' Ucap Rachmat Gobel.

    Dalam pertemuan ini, anggota Dewan Penasehat Persada (DPP) Ginanjar Kartasasmita juga ikut turut menyampaikan sambutan atas kesediaan Perdana Menteri Jepang untuk bertemu dengan sejumlah pengurus dan perwakilan Persada,

    ''Kedepannya, kami ingin melihat perkembangan investasi perdagangan, inovasi dan teknologi, industri berbasis lingkungan, serta pelatihan tenaga kerja terampil yang diharapkan dapat menunjang kepentingan bersama yang strategis.'' Kata Ginanjar.

    Sementara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam sambutannya mengatakan bahwa hubungan kerja sama yang erat antara Indonesia-Jepang juga dipengaruhi oleh kontribusi dari alumni Jepang yang ada di Indonesia.

    ''Indonesia dan Jepang dalam jangka waktu yang lama telah melakukan berbagai kerja sama, antara lain di bidang politik,ekonomi,budaya dan olahraga. Hubungan yang erat ini terjalin dikarenakan adanya kontribusi dari alumni Jepang di Indonesia.'' Ucapnya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel